Friday, December 28, 2012

Vietnam - Cambodia - Thailand *November 2011*

1st day (15112011)

Kucluk2 gw flight jam 4.45, kk gw uda nunggu dsana, dan kita ada undangan makan di lounge temennya kk di bandara soekarno, basically secara perut gw rada2 barat segelas bir dan banyak jenis makanan masuk ke dalam lambung ;)
Fusssshhhhh, 19.45 pesawat sampai di bandara ho chi minh, dan puji syukur kita ketemu temen baru yg berasal dari Bandung dan Sby, ini kali pertama mereka going overseas, dari dalam bandara kita naik taksi vinasun yg memang gw liat dari kaskus sangat recommended, seharga 7usd barengan sm mereka menuju 96 bui vien guest house, dengan harga 20 usd/night

oh iya, just fyi lebih baik pesan taxi di bandara, karena kita dikasih map for free,
cek in udah, sekarang nemenin mereka cari hostel, dan setelah nego dgn bui vien, mereka kasih harga 12usd/night utk teman sebangsa ini, cek in done, kita meluncur melintasi tengah malam di ho chi minh sampai jam 01.00 am, satu hal yg bikin gw ga ngantuk adalah semua wanita dsini menggunakan hot pants, mulai dari yg biasa sampai yg jelek sekali (kidding) bagi gw semuanya cantik krn mereka putih dan oriental (igo slurrppp), jam 01.00 gw bandingin harga antara GH gw dengan travel agent yg lain dan gw memutuskan untuk menggunakan travel Agent yg lain dengan 1 day trip Cao Dai - Chu Chi Tunnel seharga 8usd (inc bus, AC, english tourguide, and mineral water)
Kelana Indra di depan Ben Tanh Market

2nd day (16112011)

Pagi banget jam 7.45 (itu pagi bgt ato siang yah *lol)
Langsung menuju ke tempat travel agent kmarin, kita di bawa ke bus yg antar kita ke cao dai, ternyata mereka jg orang yg suka ngaret 08.45 baru kita berangkat di temani pho yg hangat gw meluncur ke cao dai, smbl ngomong2 ttg sejarah negara yg berjumlah 8.000.000 penduduk ini, dengan jumlah motor 5.000.000,stlh satu jam kita berhenti di tepat handicraft handicapped, tempat orang2 cacat penjual berbagai macam kerajinan, yg terbuat dr kulit telur

dash* 12.00 kita sampai cao dai, kebetulan mereka sedang mengadakan ibadah sampai 12.40, dsana kita boleh putu2 cm sampai 12.30 aj abis itu kita berangkat lagi ke chu chi tunnel

jam 15.30 kita sampai chu chi, setelah sebelumnya kita makan siang dgn harga 45.000idr/portion, lanjut masuk ke chu chi hanya 4usd/prsn dan tour yg tadi menjelaskan mulai dari cara memasak mereka sehingga tdk mengeluarkan asap dan terlihat olh US army, tank yg berhasil mereka rebut thn 1971, tunnel yg belum dirombak sama sekali which is hanya 24cmx35cm, lalu tempat meeting mereka, lanjut ke tempat pembuatan senjata / amunisi bekas US army yg di daur ulang sm mereka, dan sampai masuk ke tunnel yg sudah diperbesar 3 kali dari aslinya,mgkn sekitar 200 meter, but don't worry, pingirannya uda di semen

hanya sedikit agak sesak karena tdk ada lubang udara sama sekali, setlah itu di akhiri dengan penjelasan, level2 chu chi tunnel (3level) dan juga fungsinya di masing2 level

Chu Chi Tunnel di akhiri dengan menonton documentary movie selama 15 mnt, dan meluncurlah kami menuju tekape (bu Vien) 18.45, pkl 19.30 dilanjutkan hunting studio tattoo untuk diri gw, ga jauh dari jalan bui vien, gw ketemu tempat dan harga yg pas dengan kantong karyawan bawahan ini ;) 20usd/10cm tepatnya di 173 de tham dist 1

30 menit berlalu gw, kk dan teman baru melanjutkan mencari makan dgn harga lagi 45rb idr/portion, mereka packing dan mandi di kamar gw sampai akhirnya 30 menit lalu pkl 00.00 lbh tepatnya mereka mencari taksi menuju bandara utk tdr di bandara dan lanjut ke hanoi besok dan melanjutkan ke SAPA menggunakan kereta dr Hanoi, sedangkan gw masih ngetik dsini dtemani ibu gemuk yg menyantap mie babi tepat di depan gw, besok kita berencana city trip by our greatest feet, for a half day, and continue to phnom penh on 13.00 pm, by using mekong bus, and expense 10usd/person..

ok waktu uda jam 00.49, abang mw isi batre dulu/a.k.a bob nitey2

Ane Lanjut lagi iyah gan
3rd Day (17112011)

bahaya, gw lupaaa...ahhahahaa
oh iya, ini adalah half day city tour by our greatest feet, Bui Vien adalah tempat yg sangat dekat dgn ben Tanh Market, jadi gw putusin titik awal trip kita adalah ben tanh, gw lanjut makan mie babi ;) dengan harga 1.250 VD

langsung kita lanjut ke National Museumnya Vietnam, which is mereka sangat menggemborkan kekejaman dr US, mulai dari serangan mereka yg bertubi2 sampai ke poison yg mereka gunakan untuk mengexploitasi warga Vietnam, yg dinamakan orange project, hasil dr poson ini adalah kelaianan ato cacat yg sangat parah terhadap warga vietnam, dan membuat kelaianan pada organ tubuh manusian, mulai dari manusia bermata 3, kelainan pd tangan dan bentol2 sekujur tubuh, dan juga dsini ditekankan bahwa US Army benar2 mengabaikan pesan dari berbagai negara,mulai dari mahasiswa Rusia dan belahan mancanegara yg mendemo terhadap peyerangan US sampai kepada beberapa orang yg MEMBAKAR DIRI MEREKA SENDIRI untuk meminta US menghentikan penyerangan terhadap Vietnam, dan dari sini gw tahu bahwa US membuat Special army untuk penyerangan VIETNAM, WEWWWWWW..

oklah dsini museumnya sangat informatif, mulai dari berbagai artikel sampai foto dokumentasi pembunuhan US Army terhadap warga Vietnam, dan juga ada Bayi yg dkremasi akibat dari Orange Project

dari sini kita langsung meuju royal palace (gedung parlemennya sebelum ibukota dipindahkan ke Hanoi) kita cm putu2 di depannya, krn ga begitu worth it utk masuk, (bendera merah putih jg berkibar dsini), di depannya royal palace langsung ada kathedral yg terkenal, dan bangunannya persis seperti bangunan di UK *sok tw ;) kita bisa masuk ke dalam FOR FREE, banyak jg pengambilan foto prewed dsini, sambil menyeruput kopi vietnam seharga 10.000 VD, kita meneruskan ke post office yg katanya jg heritage dr HCM, masuk kedalam cm bt futu dan menurut gw BIASA AJE :), ga jauh dari sana kita ngesotin kaki ke arah saigon river dan menuju arah saigon dr post office, suasan western berasa banget, karena banyaknya cafe and high level of brand shop there, kita ceklik foto berebapa kali langsung balik ke hotel oupppssss hostel utk packing sampai jam 13.00, jam 13.30 kita berangkat menggunakan bus SORYA EXPRESS for 10 usd

nothing interest during the trip yg ada gw tidur mlulu krn kabanyakan sawah dan tanah kosong (persis kaya di kalteng), skitar jam 15.00 kita turun dari bus dan cek out dr vietnam, selang 10 menit kita keluar lagi dr bus untuk urus imigrasi ke kota cambodia (fyi VOA uda ga berlaku lagi semenjak 12 sept 2011) JADI GW SAVING 25USD

skitar jam 18.30 kita melewati sungai 15 menitan, jam 19.30 kita sampai di terminal bus, hmmm, ibaratnya KW 2 nya terminal rambutan lah, dsana supir tuktuk uda menunggu dan narik2 kita, gw ketemu SAM, which is b inggrisnya fasih bgt dia ngomong blalalalalalalaaaa, akhirnya dia bilang klo dia SUPIR tuktuk *tepok jidat, kami di antar dia ga jauh dari terminal ke Happy Backpacker 2 hostel, ajib bener seharga 13 usd menggunakan fan, tapi bule miskin kumpul dsini semua gan ;)

jam 21.00 kita cari makan dan selesai jam 22.00 langsung cari studio tattoo krn ini adalah project gw klo overseas (kecualli gw missed sepeerti di malaysia) setlah nego akhirnya dapat 25 usd (lbh mahal dr jakarta dan biaya kamar gw) tapi gw suka conceptnya as you know di google translate jg ga ada translate to cambodian language, jadi dia translate k bahasa mereka kalimat yg gw mw

selesai dari studio sekitar jam 00.00 gw browsing di rooftop bar dan tidur tepat jam 01.00..

4th day (18112011)

jam 08.00 kita uda dijemput sam dgn harga yg di sepakati 16usd utk haf day (Killing field-toul sleng-royal palace-mekong river) dan dia buka harga 30 usd WTF (pasaran 15usd), sampai di pom bensin, mgkn krn dia ga pas sama harga kita dia pindahin kita ke temennya, dan kita dibawa ke killing field dgn entrance fee 2usd/pax without audio stereo (gunanya ada petunjuknya di tiap point yg ditentukan, klo mw ambil pake itu skitar 5usd/pax), awal masuk kita uda dsuguhin 1 tingkat kaca transparan yg isinya pakaian korban pembantaian, 2-9 kaca transparan berisikan tengkorak manusia, dan 10-17 kaca transparan berisikan tulang manusi WTF,

dan kita lanjutkan ke tempat pembantaiannya, overall ga well prepare krn banjir besar yg pernah mereka alami, setiap spot hanya ada papan tulisan yg menjelaskan spotnya untuk apa, tetapi tdk ada property apapun, jadi gw liat setiap bule di setiap papan tulisan mereka berhenti trs dengerin audio stereo yg mereka sewa, gw merasa biasa aja sampai ada papan yg menjelaskan mass grave 450 victims dalam lubang yg sgt kecil, dan kemudian mass grave of 166 victims without HEAD lalu yg terakhir mass grave more than 100 victims children and women and mostly NAKED..

Muke gile, lalu ada jg aquarium kecil yg isinya tulang manusia, dan ada jg yg ditaruh di atasnya, jadi kita bisa pegang WTF, fyi, kakak gw merinding terus slama dsini, terakhir spot yg menarik perhatian gw adalah pohon besar yg bertuliskan killing tree gunanya adalah Membanting kepala anak kecil dan badannya ke pohon ini, spot yg terakhir adalah magic tree konon katanya klo digantung dsini maka akan di bunyikan suara sirene spy tidak terdengar oleh yang lain

selesai dsana kita ada tontonan free sekitar jam 11.00, dsana diterangkan betapa kejamnya polpot rezim, dan awal mulanya killing field, jadi ini sebelumnya ada 1 buah kuburan china, yg djadikan tempat pembantaian seluas 20 Ha, lanjut dr situ kita liat ada museum sejarahnya khmer merah dan background dr masing petinggi2nya, and FYI mereka semua adalah orang pintar yg rata2 dpt beasiswa S2 di France
Mukenye si Polpot

dr situ kita lanjut ke Tuol Sleng (tempat penyiksaannya)
ini adalh sekolah swasta yg sangat bagus terdiri dari 4 bangunan 3TINGKAT..!!
lantai pertama dari bangunan pertama mostly adalah tempat penyiksaan/interograsi dimana ada ranjang besi, ikatan kaki dan foto dari kejadian terakhir kamar ini (mayat dan darah) berjumlah 10 kamar, dan 5 kamar di lantai 2 dan 3, masuk ke gedung ke 2, semua foto yg masuk ke penjara ini di pampang, mulai dari anak kecil, perempuan dan lelaki menggunakan nomor di dada, mungkin ini adalah proses administrasinya, +foto2 mayat yg sudah ga keliatan lagi tubuhnya karena sdh di lumuri darah, mulai dr Professor sampai Doctor MATI DSINI...lt 2&3 ga ada apa2 ;)

bangunan ke 3 adalah tempat penginapannya ;) untuk yg cewe masing2 ada rantai dan rantang makanan, luas perkamar adalah ga lebih dari satu meter, masing2 kamar dibatasin pake bata RAPUH, which means lo jg ga bs bunuh diri untuk negbenturin kepala lo dsini, krn pasti temboknya yg hancur, dan semua bangunan ini di tutupin pake kawat berduri, jadi in case mw jumping utk bunuh diri jg ga bisa :)

masuk ke lantai 2 kita disughin kamar untuk prianya, dan temboknya dari kayu, cm ada lubang kecil di pintu mgkn untuk kasih makanan, persis seperti kandang anjing

masuk ke lantai 3, kita dsuguhin lantai kelas besar yg kosong dan ada nomor setiap satu meter+bolongan kecil di tembok, dilihat dari gambar ini adalah kamar untuk anak2, dan setiap anak di ikat kakinya ke tembok dan tidur harus TELANJANG hanya menggunakan celana saja..fiuhhhh
Ilustrasi Gambar

lanjut ke bangunan terakhir, overall adalah gallery foto jg, dan jg foto penampakan setan Tuol Sleng, krn mereka rata2 roh tidak tenang, ada juga tools penyiksaan mulai dari cambuk, sekop, tali rapia, etc, dsini jg bisa melihat pakaian2 korban plus uniform dr Khmer merah, sekaligus lihat bentuk2 tengkorak manusia yg ditusuk menggunakan pisau atau di tembus peluru, fyi lbh baik datang seblm jam 10 krn pemutaran film jam 10.00am dan 15.00 pm
silahkan pilih mau liat tulang atau tengkorak

Tour berdarah akhirnya selesai, numpang foto sebentar di grand palace

dan lanjut ke mekong river

jam 15.00 kita di jemput bus dr penginapan, yg uda di booked semalam sebelumnya sekitar 6 usd menuju siem riep, sepanjang perjalanan yg ada cm saawah dan hutan (persis spt di xmantan)
Tepat 21.00 kita sampai di siem riep, supir tuktuk langsung nyamperin kaya lalar agak spooky krn terminalnya gelap dan kita harus cukup tegas untuk katakan tidak kpd mereka, sambil cari supir tuktuk yg mukanya bersahabat, *dash* 1 usd mengantarkan kami ke GH Golden fish di central kota, rate 8 usd/night (fan,2 double bedroom, internet, spare computer,tv dan free coffee morning)
penampakan bis

nego dgn supir tuktuk dengan harga 15 usd for 1 day trip untuk visit ANGKOR WAT

5th day (19112011)

Jam 09.00 tuktuk driver uda nangkring di depan trip dimulai dari jam 10 sampai sunset, biaya masuk angkor wat adalah 20 usd/day mw 3 hari ato seminggu jg ada paketnya, begitu masuk kita langsung di foto dan dlampirkan di tiket, tiket jgn sampai hilang krn ini tiket terusan, setiap wat ada petugas penjaga tiketnya, overall ini berkesan krn jauh banget dr Borobudur yg hanya satu candi besar dan beberapa candi kecil, klo dsini semua candi BESAR, dan dari satu candi ke candi yg lain kita menggunakan tuktuk yg sdh kita rent for 1 day, dan kita ga bisa mencapai semua candi disana gan karena waktu yg tidak mencukupi, jadi nanti akan dipandu untuk mendatangi candi2 yg besar dan terkenal saja

seperti candinya Tomb raider gan, namanya wat TOMB, dilihat dari candi2 yg ada indonesia lbh terawat utk candinya gan, overall candi kecil mereka sdh mulai hancur dan di biarkan begitu saja, mungkin karena biaya yg cukup besar
Wat Thomb

fyi lebih baik membawa 2 air mineral/orang dari kota, dsana memang melelahkan dan terik matahari tetapi tetap menarik interest, jadi kudu dibarengin dgn minum yg banyak, tenang aj ga usah dibwa semua selama perjalanan kan bisa ditipin di tuktuk, jam 12 pas kita makan di tempat yg di anjurkan sm driver tukutuknya, mgkn mereka uda ada kerjasama, dsana kantinnya ada no.nya, harga nasi yah sesuai tempat wisata utk nasgor 3usd/portion, dari situ kita lanjut nyelesaiin mengunjungi wat2 yg uda di sarankan sm driver, pas jam 16.30 kita langsung menuju wat yg bisa melihat sunset, dan kita harus mendaki sekitar 15 menit, anyway klo mw datang harus lbh cepat yah, krn NGANTRInya nauujubilleh bin jalik, kebteulan ane uda kebiasaan nyalip antrian waktu di asrama, jadi 17.30 ane uda bisa naik ke puncak wat untuk foto2, dari situ kita balik menuju GH sekitar 20 menitan dan packing untuk morning trip ke thailand pkl 09.00 am, dengan harga 8usd

6th day (20112011)

riil uda ga berlaku lagi di thailand krn currency mereka kalah jauh, infonya bagusan tuker di GH dengan harga 4000riil/usd, jam 9.10 kita di jemput tuktuk menuju bus, free of charge, perjalanan 2 jam sdh sampai perbatasan cambodia - thailand dan kita berjalan kaki serta membawa tas backpack kita menuju perbatasan thailand, dan mengurus imigrasi, setelah selesai kita ganti ke mini bus dgn kapasitas 9 orang/minibus, jadi terpecahlah romongan kita berdasarkan no yg sdh ditentukan, setiap satu jam minibus ini selalu berhenti di pom bensin, dan mata uang sudah bisa dipakai (saran lbh baik tukar mata uang baht terlebih dahulu di indo, krn begitu sampai sana makanan yg seharga 30baht dibayar dengan 1,2 usd which is 1usd dihargai 22 baht yg seharusnya 1usd=30baht, perjalanan cukup panjang dan 18.00 akhirnya kami diturunkan ke khaosan road, (poppynya bangkok), cukup kecewa dgn hospitality GH2 yg ada dsana, krn tidak ramah dan terkesan malas..!!
Kami mencari jalan sai rambuttri, dan mencari GH/hostel yg memang sebelumnya sdh di recommend oleh kaskus, kami mendapat 400baht/day with fan, dan melakukan perjalanan malam sambil mencari 7eleven untuk merasakan beer khas sini yaitu chang dengan harga 44 baht/big bottle recommend and sweet, mencari makanan seperti thai pad dgn harga 40 baht
Sangsaka di Khaosan Road
Hostel Day 1

7th day (21112011)

Kami mencari GH baru yg menurut kami bersih dan kami mendapatkan GH sitdhi guesthouse-bangkok, Jl Sai Rambuttri, Khaosan Road, 400 Baht inc ac, bathroom inside, twin single bed, towel, soap, clean and new building, GH done
Lihat Perbedaannya

kita langsung merapat ke Royal Palace, dengan entrance Fee 400baht/person dan mendapat 3in1 Vimanmek, tempat rumah king rama, dan tiket terusan ke the pavillion of regallia, overall disini kita bisa melihat senjata2 mereka, furniture mereka, dan tempat2 ibadah mereka

dari situ kita lanjut berjalan kaki ke wat pho yg konon katanya ada reclining buddha sepanjang 40 mtr, dgn entrance fee 50 baht/person, dsitu jg kita bs melihat standing buddha, dan buddha yg lagi duduk,dan walking buddha
Funky Buddha

keluar dan berencana melanjutkan ke wat arun dan harus menyebrang sungai dgn biaya 20baht/person, tp berhubung sdh cukup bosan kita menuju democracy monument (bundaran HI nya Bangkok)

dan meyelesaikan malam di khaosan road sambil menebak drag queen ato wanita aseli ;), sampai di hotel kami mencari travel dan memilih trip utk one day trip dan pattaya adalah best option utk kami dengan harga 900baht/person

8th day (22112011)

pkl 06.00 kami dijemput oleh travel bersama dengan 2 pengantin baru yg sdg honey moon, pkl 10.00 kami sampai di pattaya beach dan boat trip menuju coral siland -+ 45 menit trip menggunakan kapal kayu (bkn boat) sepanjang perjalanan kami ditawari untuk sea walking ato parasailing dgn biaya 1500 baht/person, (lbh baik sabar karena lama perlama mereka menurunkan harga)

sampai di coral island kami di berkumpul di restaurant tempat kami makan siang, dan dan menginformasikan utk kembali ke restaurant tsb pkl 12.00

(locker 10 baht), meals yg disediakan cukup memuaskan mulai dari ikan, sayur, nasgor, kami bisa melakukan aktivitas dsana hingga pkl 15.00 dan kembali ke pattaya, ombak sangat kencang dsana, dan saya tidak bisa berhenti berdoa dalam hati setiap ada ombak yg menghantam kapal kami ;)

sepanjang perjalanan menuju bus travel saya melihat banyak drag queen yg aduhai :) dan kami melanjutkan perjalana terlebih dahulu ke toko perhiasan yg sangat mewah, dsana kita dsediakan kopi/teh gratis eventhough tidak membeli, pkl 20.00 kami sdh sampai di sidthi, dan mencari studio tattoo di kawasan Khaosan rd, yg range harganya adalah 1500baht/10cm WTF, dan terpilihlah Tattoo YAI, yg berada di khaosan road.dan kembali melakukan booked transport menuju airport untuk bsok 150baht/person Range harga 120baht/person *emang lagi pengen beli yg mahal* :lol

9th day (23112011)

SDB (safe deposit Box) for free di GH tsb, dan kami check out, langsung menuju vimanmek

menggunakan taksi sekitar 70baht, vimanmek adalah rumah dari king rama, jadi kita hanya melihat furniture dan foto, selesai dari sana kami melanjutkan ke daerah Siam square menggunakan taxi 90baht, dan mengunjungi setiap mall yg ada dan semuanya terconnecting dgn jembatan, tujuan kami terakhir adalah MBK (mall spt ITC) dan mencari souvenir,
Penampakan Foto Raja di dalam Mall

Tips * lebih baik membeli souvenir di toko yg sudah ada price tagnya, untuk menghindari harga yg mahal* dan kami membeli kaos seharga 99baht/pcs, mereka pun beranggapan bahwa kami adalah Malingshit, dan dengan bangga saya mengucapkan "saya orang Indonesia secara berulang2" pkl 16.00 kami pulang menuju GH dengan perjalan sekitar 20mnt dengan harga 100baht menggunakan taksi, Fyi lebih baik menggunakan taxi berwarna pink,sampai di khaosan mencari beer untuk yg terakhir kali di 7eleven dan ternyata mereka mengunci freezernya sampai pkl 17.00 terpaksa harus membeli beer dgn harga 2xlipat di restaurant terdekat, pkl 17.00 minibus sdh menjemput kami dan pkl 18.30 kami sdh sampai di bandara dan melakukan check in, fyi after check in anda dapat membeli alcohol di dalam dgn harga yg sgt murah (red label 1100 baht/2big bottle), 21.00 kami flight hingga pkl 00.30 (3,5 jam) sampai di Soekarno, kami mengawali pengecekan passport sepanjang 15 mtr di masing2 counter (ini adalah pertama kalinya air asia menggunakan stasiun 3 untuk penerbangan domestik dan international) dan melanjutkan menggunakan taxi menuju rumah masing2

Yups this is it for this year trip, semoga bermanfaat dan menginspirasikan FlashBackpacker lainnya,dan yg paling berkesan dari 3 negara tsb adalah CAMBODIA
new country, new culture, new mindset

Terimakasih and GBU more

Indonesia-vietnam-cambodia-thailand-indonesia 9days trip..c u jekardah

Unknown said...

ini pas kita satu kota buat pertama kalinya ya masgon?

globepin.blogspot said...

iya, waktu itu gw ga tega ngeliat lo terlantar begt aja